Pengembangan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Teknik Pemrograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler Menggunakan Articulate Storyline

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Syawaldi Rabbani Farhattan

Abstract

Peneliti bermaksud mengembangkan pembelajaran Teknik Elektronika Industri pada elemen sistem tertanam hal ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi dan efektifitas siswa dalam belajar, dengan merancang aplikasi menggunakan articulate storylane. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate. hasil uji validasi yang dilakukan oleh validator yang diperoleh adalah “Sangat Valid”, hal ini dikarenakan rata-rata persentase yang diperoleh dari validator ahli materi sebesar 90,67%, sedangkan rata-rata persentase yang diperoleh dari validator ahli media sebesar 92%. Hasil praktikalitas terhadap siswa pada media pembelajaran menggunakan trainer articulate adalah 87,4% yang dinyatakan “Sangat Praktis”, sehingga produk yang ada pada pembelajaran pemrograman sistem tertanam sudah layak untuk digunakan oleh siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##