Efektivitas E-Modul Berbasis PBL Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skills dan Problem Solving Abilities Pada Siswa Kelas X TEI di SMK Negeri 4 Pariaman

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nadila Septia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam memahami materi yang diajarkan, nilai ulangan siswa pada materi K3LH masih rendah, pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan buku cetak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas e-modul berbasis Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas X TEI SMK 4 Negeri Pariaman. Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian eksperimen (quasi experimental research). Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji Paired Sampled T-Test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Karena nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis (Ha) diterima, yang berarti e-modul pembelajaran berbasis masalah pada materi K3LH efektif terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##