Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Dasar Dasar Teknik Elektronika di SMK N 4 Pariaman

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Riski Kurniawan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran PBL yang dibantu oleh media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa di kelas X di SMK Negeri 4 Pariaman dalam mata pelajaran dasar dasar teknik elektronika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis Quasi Eksperimental dengan desain pre-eksperimental dengan desain satu grup pre-test post-test. Untuk menentukan sampelnya, digunakan metode sensus/total sampling. Sampelnya mencakup 24 siswa jurusan teknik elektronika industri. Studi ini dilakukan pada tahun akademik 2024/2025. Penelitian ini menunjukkan bahwa nilai siswa pada post-test lebih tinggi daripada nilai pre-test, yaitu 76,67 lebih besar dari 58,67, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran PBL dan penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran dasar-dasar teknik elektronika di SMK Negeri 4 Pariaman.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##