Pengaruh Model PjBL Berbantu Media Evaluasi Quizizz Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMKN 4 Pariaman

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ridho Liendra

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning berbantu media evaluasi Quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar kelas X TEI SMKN 4 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan pre-experimental design One-Group Prestest-Postest Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas X TEI SMKN 4 Pariaman berjumlah 23 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen angket dan tes. Teknik pengolahan data menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh dari kelas X TEI diolah menggunakan analisis statistik deskriptif, dan diperoleh nilai rata – rata pretest dan posttest motivasi belajar sebesar = 64.43 dan 66.47. Sedangkan nilai rata – rata pretest dan posttest hasil belajar sebesar = 57.04 dan 68.86. Hasil analisis Hipotesis menunjukkan Uji Paired Sample T - Test pada Variabel Motivasi belajar (Y1) nilai P-Value (0.039) < (0.05). Sedangkan Uji Paired Sample T-Test pada Variabel Hasil belajar (Y2) nilai P-Value sebesar (0.004) < (0.05). Dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dari masing - masing variabel sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara model Project Based Learning berbantu Media Evaluasi Quizizz terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas X TEI SMKN 4 Pariaman.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##