Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Elektronika Kelas X di SMK Negeri 1 Sumatera Barat
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada mata pelajaran Dasar-Dasar Elektronika di SMK Negeri 1 Sumatera Barat, untuk mengetahui hasil uji validitas dan praktikalitas media pembelajaran yang dibuat dengan menggunakan Canva. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D. Uji validitas dilakukan oleh 2 orang dosen dan 2 orang guru mata pelajaran elektronika dasar yang merupakan 2 orang Ahli Media dan 2 orang Ahli Materi. Hasil penilaian validasi media secara keseluruhan mendapatkan total skor 91% dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian validasi materi oleh kedua ahli materi secara keseluruhan mendapatkan total skor 93% dengan kategori sangat valid. Uji praktikalitas dilakukan terhadap 15 orang siswa SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Hasil penilaian praktikalitas oleh 15 orang siswa SMK Negeri 1 Sumatera Barat secara keseluruhan memperoleh skor total 96,4% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran interaktif yang dihasilkan valid dan praktis untuk digunakan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran.